16 December 2011

SEFT (spiritual emotional freedom technique)

uas : Upil Aku akhirnya bebAS
Kepala ini ngebul, serangkaian UAS ini sukses mensabotase bagian otak yang memang agak tidak Normal. lalu setelah rangkaian UAS itu rebes. kenapa musti ada remedial MTK? kenapa? kenapa? *gigitgigithidung*

oh ya Alloh, benarkah cuma demi selembar kertas bertuliskan "LULUS" saja sebegitu sulit dan asem jalannya?

<----- berikut adalah screenshot status facebook seorang selebriti tersohor dikancah permusikan Indonesia. Ahmad Farid salah satu personil boyband NYEMES!! yang dikenal karena ganteng, jago ngedance, jago lipsync, juga bintang dari  sinetron-sinetron picisan yang dikenal lugu, konyol dan tolol. (phobia sinetron)

maap broda sista tercinta udah lama ga posting. UASisasi dalam dunia pendidikan dibelantara indonesia inilah penyebabnya. sehingga upil upil yang tadinya dihidung tiba-tiba menjadikan Urekan dilembaran LJK tidak lagi Hitam Ala potlot 2B, tapi agak kehijau2an dan sedikit lengket. ah sudahlah jangan dipikirkan apa itu yang agak "kehijau-hijauan" dan "lengket".
Read more ...

29 November 2011

(goVlog) kitalah ODHA yang sebenarnya


Bicara tentang HIV/AIDS, Mungkin sulit dipersalahkan kalo ada menyebutnya sebagai perwujudan kutukan Tuhan atas nama penyakit. Walaupun aku tahu bahwa judge itu sedikit naïf. tapi bagaimana buat mereka yang sok suci, dengan mengata-ngatai saudara-saudara yang kepalang menderita ini. keterlaluan! 

Tapi entah mengapa orang yang harusnya mendapat perhatian lebih seperti  itu
harus terpojok dengan kita yang lebih baik keadaannya. Jangan-jangan kita jauh lebih cocok untuk “terkapar” dirumah-rumah sakit.

siapapun itu, tentu tidak ada yang ingin dirinya jadi ODHA, bahkan kerabat-kerabatnya. namun banyak hal yang kadang terjadi begitu saja. korban takdir? oh itu naif sekali kawan.


AKU DAN MEREKA
Read more ...

20 November 2011

TIM-TENG dalam tempurung kepala berpeci

kenapa gue ga bahas SEA GAMES aja?

karena gue lagi tapa di gua santri.. (dibaca: sebuah padepokan silat peci dan sarung)

tivi? boyband? agnes monica? 

lupakan!
efek pengumuman UAS berakibat pada random reading syndrom
berhubung lima tahun kedepan lagi gue udah siap bakal nyalon jadi presiden, makanya sekarang gue mau ber"OPINI" seputar masalah politik internasional aja

*apa itu opini? ga tau kan? sama, gue juga agak kurang ngehh"
tapi ini poto apa? ---------------->
kaget kan? sama!

oya.. Kadang gue suka heran sendiri kenapa yang beropini bisa lebih heboh daripada yang diopiniin ya?

Coba aja liat komentator acara bola. gila! Seru abis!

Ah apaan banget deh.


Read more ...

15 November 2011

Adsensecamp (Adsensenya Indonesia)

hmmm... 
assalamualaikum... sobat dan konco farid yang ganteng dan cantik
kali ini gue mau nyoba-nyoba bikin tutorial


tentang apa kah?


mmm... yang jelas bukan tentang tata cara "menjadi model"
salah make seragaaaaaaaaaaaaaaaam!!


trus tutorial apa dong?
apa ya?
mmm... banyak sobat yang belum pasang adsense kan? alasannya ? banyak pasti yak..
ada yang bilang;


ga mau blognya jadi blog komersil (agak aneh)


takut keiklasan ngeblognya ilang (aneh)


DIGIGIT BUAYA (sangat aneh)


hallah masalah mau atau tidaknya itu kembali pada masing-masing.


euumm kayaknya ga cocok banget yak anak kemaren sore udah sok-sok an posting tutorial.
tapi ga papa deh. kan niatnya mau berbagi hehe.
eh coba deh liat gambar dibawah, hasil screenshoot pendapatan adsensecamp.com. ga banyak sih. tapi coba deh liat

Read more ...

06 November 2011

SANTRI (GILA?)

menjadi santri tidak akan membuatmu ganteng. believe me!!
Eumm masih inget lah ya beberapa bulan yang lampau (lampau? apa itu) gue pernah share hal-hal yang berbau pesantren.. seperti waktu gue share cerita Kultumer Kebelet, Guru Bangsa(t) dll..


Oya..

<------------- ini poto apa sih?? risih deh..

kok mirip hiroshima nagasaki ya?

atau patung liberty?

kayaknya ga deh ya...

lebih mirip sama patung Julius Caesar kayaknya...

iya ya?

ih iya! *riweh sendiri.


Okeh... sampai hari ini bulu hidung gue emang masih diperdebatkan kualitasnya dan kuantitasnya. tapi bukan itu yang mau gue share kali ini.
lalu apa?

Read more ...

01 November 2011

Nyontek itu indah, tapi?


Galau sebelum UN?

NO !! 

kita masih punya 1 hal indah selain Usaha dan Doa. Apa itu??

NYONTEK !!  (lah!! Ini juga kan masih kategori usaha)


YA ! SODARA-SODARA YANG BERBAHAGIA, HARI INI ADALAH HARI REVOLUSI MENUJU REPUBLIK LIBIHA YANG LEBIH DEMOKRATIS DAN MODERN. MARI KITA BANGUN LAGI NEGERI YANG SUDAH BLA BLA BLA..

Oke, lupakan saja chanel TiVi LIBIhA diatas…

Kita fokuse kudasai…
Sodara-sodara, kegiatan nyontek selama ini sealalu identik dengan perbuatan nista dan dosa. Tapi sejujurnya Negara sendiri bingung apakah ada hukuman penjara bagi yang nyontek?

*hening

Oke, lupakan saja tatahukum kita.

Nahh.. Terlepas dari itu semua, kita coba ambil sisi baiknya dari segala hal, termasuk dari fenomena tersebut. contohnya; anggap saja dengan nyontek kita bisa dapat banyak manfaat. Gapercaya??
Buktinya ga banyak, tapi setidaknya ada beberapa poin dari manpaat NYONTEK yang bisa lo selidiki sendiri :
1.       Dapet pahala sedekah *ngarang

Tau sendiri kan,
Read more ...

27 October 2011

Cinta, realita dilematis (jilid 2)

maap broda dan sista agan-agan sekalian yang jarang cebok...




sebelumnya gue ucapin selamat buat kawan-kawan di al-muhajirin islamic school yang udah mulai bergabung didunia blogging.. kesananya semoga kalian sekalian mendapatkan jamban yang diberkati tuhan.

Bapak Bupati Purwakarta (semoga uangnya ngalir kekantong kita) Sedang sambutan dalam acara santri indigo(bukan ikan mujair) yang diadakan di Al-muhajirin. yang udah dilaksanakan 2 hari dari kemarin



buat Telkom dan Republika yang mau jauh-jauh minjemin laptopnya juga promosi dengan embel-embel pemutihan internet melalui program Santri Indigo. gue ucapin makasih, karena udah dua hari ini kelas gue kosong guru. terimakasih, arigato. sering sering dateng ya pak... haha

Read more ...

17 September 2011

Cinta (realita dilematis)


Euumm... kenalin... gue ahmad farid, remaja setengah muda yang telat baligh, labil setengah idup, jomblo beken karna ulah gobloknya*, dan terakhir kebelet eksis tapi ga nyadar tampang.

Euumm gue boleh bicara tentang cinta kan? Bodo ahh... gue lagi ga karuan nih. Okeh gue awali dengan surat tak langsung yang dia kirim, dengan cara yang saaaangat unik. Lewat flashdisk!! Bayangin. Kiranya bener apa yang dibilang pak mario teguh “cinta menyediakan ruang untuk hal-hal yang ajaib dan mengejutkan” #maapin gue yang lebeh-goblok-sokngeh

Ceritanya dia nullis sesuatu trus disave di flashdisk dia, trus dia kasihin flashdisknya ke gue. Bilangnya minta tolong ambilin file foto acara halal bi halal kemaren lebaran.ni dia penampakan surat miring itu...

pssst... anaknya cakep tau..


 tadinya gue langsung mau bales, udah diketik lama lama... setelah gue pikir-pikr akhirnya ga jadi. ini penampakannya :



gagal jadi romantis!!!

Gue ga shock, karena apa yang dia bilang tentang gue, itu ga salah. Dan untuk Tentang cinta, atau tanggapan langsung atas surat tak langsung yang bermodel diary setengah gila ini. Jujur, gue minta maap. No comment!! Gue speechless abiss... bungkam... ga tau mau ngunyah apa. Bingung mana yang enak, kulit duren atau kulit kelapa?

Urusan pacaran, jujur, gue Ga pernah lancar dan lurus kayak tiang jemuran. Eumm oke lupakan saja kengenesan orang gila ini.

Mungkin Gibran Kahlil Gibran salah satu idola gue, bisa ngewakilin  tentang sesuatu** yang sesuatu*** banget ini. Eumm gue kutipin kata-kata beliau okeh...

1.      “Ya, kalian harus bersama bahkan dalam kenangan sunyi Tuhan. Tetapi biarkanlah ada jarak diantara kebersamaan kalian. Dan biarkan angin syurga menari diantara kalian”
(mungkin rindu yang beliau maksud)

2.      “dan jangan berpikir kau dapat langsung menuju cinta karena cinta, sebab bila cinta menganggapmu layak dan berharga, ia akan mendatangimu”
(mungkin yang dia maksud adalah jangan memaksakan diri sekiranya cinta itu belum layak dirasa, sebab jika sudah waktunya ia akan datang dengan sendirinya, tentunya tidak lepas dari gaya dan ritme jalan/cara datangnya.  Tambahan gue : bahkan cinta yang tak masuk diakal, masih tetap menjadi misteri dalam sangka dan terka)

3.      Biarlah cinta membuatmu gila dan telanjang. Namun bila kau takut lebih baik bagimu untuk melewati ambang lantai cinta. Karena cinta tak cukup hanya untuk cinta.
(tentang kesabaran yang jelas, kalau tidak sabar tidak usah aja sekalian.. mungkin begitu maksud beliau)

Gila!! Hebat kan Gibran? Makanya ga malu gue pake @riiedzgibran sebagai username twitt gue... (tepuk ketek-bakarkemenyan-mandibunga-tapadimakamkucing)



Gue tau, gue terlalu nyebelin buat dia, ga pernah lantang-lantang ngatain “aku suka sama kamu, kamu mau kan jadi pacar aku?”. Forget it! Gue bukan Rangga di film AADC, atau  Ben Joshua di FTV series.
semua itu gue lakuin bukan karena gue ga mau atau sombong karena pengin ditembak duluan. Ga!!, lu tau kan kayak apa kalo cowok lagi ngegilain seseorang? Yah begitulah...
Nahh kalo seandainya ada level gila-menggilai wanita yang jauh diatas itu, gue-lah seribu-seribunya yang udah nyampe kesana #songonggaje

Untuk hal yang mungkin menurut dia menjemukan, aneh dan gajelas ini. sepertinya gue bisa jelasin alasannya secara tidak langsung, bahkan mungkin satir atau malah ga keliatan sama sekali maksud sebenernya. #maapin aku mak...anakmu ini tak berbakat dalam hal cinta

 “Tersiksa rindu  itu adalah  sial yang nikmat, sedang kamu adalah bangsat yang aku gilai”

mungkin ini yang disebut realita dilematis. bodo ahh.. gue lagi pinter nih ceritanya...

*(Ulah goblok gue disini, suka manggil-manggil cewek temen gue sambil bilang alopiyu, misalnya si endah, dia cewe temen gue siemil. Pas dikelas lagi kosong tiba-tiba gue teriak dari jauh “ endah endah,, teh endah” trus pas dia noleh, gue bilang “alopiyu” .. buahahaha keren kan?

 ** dan ***( lihat kamus “jigong syahrini” halaman 13 #angkaprimbon

Read more ...

30 August 2011

Asemisasi televisi/kemerdekaan RI/iedul fithri #yang bener yang mana nih?



Merdeka merdeka … dirgahayu negeriku #plak plak plak  TELAT WOOY… haha
yang bener juga 

kami keluarga besar ahmad farid sulaiman beserta jajran komisi 10 DPR RI dan dan jajaran menteri kabinet Indonesia bersatu jilid II mengucapkan :  
Selamat idul fitri 1432 H minal 'aidin wal faizin mohon maap lahir dan batin

Wahh telat banget nih kayaknya kalo mau bicara tentang kemerdekaan RI *uda kelewatan kaleee.. tapi ya ga papalah.. kemaren-kemaren kan belum..
Okeh.. Bicara tentang kemerdekaan, ternyata para tetua desa konoha dan dan kage-kage didesa lainnya seperti didesa pasir, desa angin dan desa air masih memperdebatkan hal ini. apakah negara Indonesia ini emang sudah merdeka lahir batin atau merdeka secara lahiriah saja, namun benar-benar terjajah secara tidak terlihat. Okeh gue ga tau mana yang bener, tapi yaaa setidaknya terhitung dari tahun 45 sampai sekarang kita-kita rakyat indonesia udah 66 kali ngadain upacara bendera merah putih.

Hutang negara, kondisi lapangan kerja, jumlah pendapatan daerah dan negara, serangan produk luar karena prosedur ekspor dan impor yang berat sebelah, gaya hidup masyarakat yang kian konsumtif, ulah-ulah oknum pemerintahan yang korup, kecurangan politik dan masih banyak lagi. Belum lagi merebaknya isu tentang campur tangan orang asing diberbagi sector dari tata negara kita

yang paling mencolok adalah Televisi dan asemisasi budaya.
Aku mau kawin ama a diki ah…
Ih Rafael ganteng… suka deh
Kalo pas liat sm*sh lagi lipsing di TIVI ” kyaaaa kyaaaa  kyaaaaa.. rama rama ada sm*sh.. (manggil-manggil ayahnya)
Wadduuh yu naw mi so well sob? (dibaca:  lo tau ga sob?#ngasalbanget)
Itu dilakuin anak usia 5tahun, KEPONAKAN GUE!! Ya allooh dosa apa gue sampe bisa liat realita yang begituan nongol tongkol didepan upil gue. Ga cukup sampe disitu Nyanyi nyanyi pula “Oo ya, semes suka makan sonice… blukutuk  blukutuk buaah, . keponakan gue di jajah tipi, dijajah iklan, dijajah boyband, dan dijajah sama gue, yang ga mau ngebanting tu tipi dan boyband.
sm*sh di purwakarta

Setelah itu, iklan tory tory cheese cracker , yang nongolin goyang ngangkang – ngangkang, terus O’donnuts nampilin supporter bola mau ciuman, Iklan shampoo yang dari duluuuuuu pasti shootnya cewek sperempat bugil sampooan sambil senyam-senyum bahagia... *perasaan gue ga pernah tuh sampoan pake sunsilk, clear, dll sambil senyam senyum bahagia kayak di iklan-iklan *radithyadikabanget.
iklan tory2 gambar diambil dari sebuah fanpage di fb "anti iklan tory-tory"
iklan O' donuts (makanan ringan iklannya begini?)
okeh untuk iklan shampoonya ga gue pasang.. BB banget. kasian anak orang.. hahaha..

Setelah semua itu dan masih banyak lagi.  Gue ga tau  asemisasi apalagi yang dikeluarin televisi kita. Ketawa ketawa si olga di waktu saur ngajakin manggung orang-orang yang secara fisik kurang terus dihina-hina didepan baaaanyak orang.. ayolah meeen ini ramadan! Lo bilang acara lo bernuansa ramadhan.. yang bener aja dong.
Harmony ramadan, musik ramdhan... loh kok yang ditampilin orang pake legging, dandanan menor kayak biduan dangdut kampung.
Jujur gue akui pertelelevisian kita emang cerdas dalam menghadirkan program-program yang menyita perhatian sebagian besar masyarakat kita. Tapi dimana sisi mendidiknya? Ayolah disuasana agustus dan selangkah lagi menuju iedul fithri mari sama-sama kita dagorkan kepala kita ke tembok, berduka atas persentase minat baca masyarakat indonesia juga semangat literasi mereka terutama anak-anak, terhitung masih  sangat kecil dibanding anak-anak diluar negeri

Gue heran, ga tau kenapa orang berani  ngebuat event dengan embel-embel RELIGY tapi ujung-ujungnya cari duit lagi cari duit lagi hahaha hihihi lagi hahaha hihihi lagi. Libur napa booo.... belum pernah  jadi guru honorer kan? Gajinya kalah sama supir angkot #curcolkoplak
Kalo mau bisnis, bisnis aja yang bener!! Jangan bawa-bawa agama... kalo gitu mah apa bedanya sama orang ngebom dengan nama AGAMA?
Menjual agama dengan harta...

Ga pengin nyalahin siapa-siapa kali ini, coba kita mulai dari diri sendiri dengan cara menyeleksi acara-acara televisi yang bermanfaat bagi kita dan anak didik kita, bersikap kritis pada segala hal, termasuk ke stasiun televisi yang menayangkan program tak mendidik. Bukannya pengin sok ngeh,,, jujur sejujur-jujurnya gue suka sama dandanan artis-artis cewek yang belahan “itunya” agak turun, gue normal gitu lohh. Tapi beneran itu ga baik untuk adik-adik kita bahkan untuk kita sendiri. Kata pak ustad ITU DOSA.. huahahaha

Oiya , masalah penetapan waktu lebaran kemaren malem agaknya ngecewain dan ngebingungin sebagian orang kali ya.
apa sobat sekalian juga termasuk?
Eumm ga usah galau dan bingung  namanya juga khilafiyah bayna ro’yil ulama’(perbedaaan diantara pendapat para ulama’). Setiap pendapat mereka tentu didasari dalil yang jelas. jadi ya gausah nyalahin siapa-siapa, pemerintah kek atau ormas-ormas islam tertentu. Karena emang hari kemaren itu agak sulit untuk ngeliat hilal, karena cuaca dilangit dan kondisi atmosfir (kali)
Tapi tetep aja yang berpendapat bahwa lebaran jatuhnya hari ini (selasa) atau yang berpendapat besok tetep aja musti sama-sama istighfar. Sebab pembuktian tentang keberadaan hilal secara akurat baru bisa  dibuktikan 13/14 hari lagi.
Loh.. Kenapa musti istighfar? Ya.. kalo seandainya yang berpendapat hari ini  lebaran, dan ternyata terbukti bahwa lebaran itu besok. berarti yang berpendapat begitu udah bolong puasanya.


Nah untuk yang berpegang kalo lebaran itu besok tapi ternyata setelah dibuktikan kalo hilal itu datengnya tadi malem berarti yang puasa hari ini udah puasa dihari yang haram umntuik puasa(tasyriq). Tapi jangan bingung, inilah yang disebut ijtihad dan jalannya. Kalaulah memang  kita musti sedikit berbeda bukan berarti kita bias saling mencela, ya kan? 


bay de way besok kita lebaran .. yang lebaran besok lusa itu orang sesat (kayaknya) hahaha...
oke buat sobat beloger semua yang gue cintai (sumpah) gue ga tau kenapa, dari aktivitas blogging inilah gue bener-bener ngerasa nyman, punya temen yang enak diajak ngobrol ngocol, bahkan diskusi serius. tidak peduli dengan sekat-sekat jarak, ras, suku, waktu bahkan ideologi. alopiyu semuanya




Read more ...

19 August 2011

kultumer kebelet #sesatmodeon

alkisah malam yang lalu seorang manusia waras berbincang dengan temannya yang agak sedikit random dalam memakai celana.

Temen : Parid.... ente ngomong apaan tadi waktu kultum?

Gue :      Ga tau, ane oge ga inget, tiba-tiba aja ni pala cenat cenut yu naw mi sowelll... terus ngeracau ga puguh didepan 1000jamaah.

Temen : itu doang alasan ente? Dasar orang gila!!!

Gue : Huahahaha...

yahh.. kurang lebih Itulah obrolan yang terjadi antara gue dan tukang somay (eh bukan ding..)
Siapa rid? siapa tuh orgilnya rid...?  gausah tanya !! gue orangnya... hahaha #ketawasetan.
kultum yang gue bawain semalem  sebetulnya bukan kultum. Dan itu bukan tugas gue, gue ngegantiin orang yang kabur dari tugas itu<dasar santri biadab..haha

ya, semalem di masjid Al-mukhtar dikompleks pesantren Al-muhajirin emang ada orang gila yang ngisi kultum teraweh, kayak orang kebelet be’ol, Ga ada basa basi panjang ala UJE dan sambutan konyol ala pembawa pidato kepresidenan. ceplas ceplos ga make teks ga make garem, tapi make asem sama gula jengkol. *kebayangkan suasana malam itu? lebih panas dari pada latihan duduk diatas kompor gas dalam 3 detik.

Dan Dalam keabsurdan itu, alhamdulillah ternyata kali ini dia tampil pake celana dalem, mau tau isi kultum geblek gue gak? mau dong mau dong.#maksa



assalamualaikum... bismillah walhamdulillah wasshlaatu wassalamu ala rosulillah <sampai akhir..
innalloha ya’muru biladli walihsan (sesungguh nya Alloh SWT memerintahkan untuk berbuat adil dan ihsan)
yarfa’illahulladzina aamanu minkum walladzina utul ilma darojaat
(Alloh SWT menggangkat derajat orang-orang beriman dan ahli ilmu dikalangan kalian dengan derajat yang tinggi)

jujur waktu itu gue bingung mau ngomong apa... sambil nyebarin pandangan kearah jamaah yang jumlahnya hampir melebihi 1000 kepala. sumpah! Lo pasti bakal mikir kenapa gue mau-maunya ngelakuin itu, 1 alasan yang gue punya, menantang! dan gue pengin tau sejauh apa keabsurdan gue...! Ya itu aja alasan gue berani tampil ngedadak dan tak diundang. Bukannya gue mau cari muka sama kyainya trus biar dinikahin sama anak gadis atawa santriwati pilihannya kayak disinetron pesantren n rock n roll. Ga !! sumpah ga... soalnya kyainya juga pasti bakal mikir gini “wahh.. masa iya orang degil begini bakal gue jodohin ama orang pilihan gue? PIRAKU ATUUUH”
 

masih diem..>
 

45 detik kemudian......
 

Hhmmm cenat cenut euy... (huahahaha jemaah ketawa)
Sm*sh beneran jadi dateng yah?
Iyaaaa.. (jamaah sontak ngejawab)
Luar binasa.. sm*sh nya belum dateng, tapi euforianya udah kerasa dari beberapa hari sebelum ini. Oke sebelumnya saya pengin nyampein keheranan saya sama realita ini. Sm*sh emang mau dateng.. tapi tolong biasa we lahh... gausah sampe diobrolin dimesjid, jangan sampai hal yang remeh temeh begini mengganggu kekhusyu’an beribadah kita. Dan terlepas dari ketidak sukaan saya terhadap gaya bermusik mereka, bisa ga sih kita bersikap wajar saja... toh sama sekali ga ada kaitannya sm*sh sama dunia pesantren.. ya kan? (sebagian jamaah manggut2, sebagian lagi cemberut)
 
Diem lagi...>>
 
25 detik kemudian
 
Saya Ngomong apaan sih? (jamaah ketawa)
Oke, kita ke topik yang sesuai dengan ayat yang dikutip tadi, tentang perintah Alloh SWT untuk berlaku adil dan ihsan dalam segala hal. Dalam hidup ini seseorang dituntut menjadi seorang guru, namun disisi lain ia dituntut pula untuk menjadi seorang murid. Begitu juga sebaliknya.
riilnya Begini, mungkin kita masih merupakan murid/siswa disekolah kita, tapi tentunya kita sadarkan kalo kita ini-pun sebenernya guru/pemimpin/panutan bagi adik-adik kita. Ya ga?
Iyaaa (jawab jamaah)
 
Jadi, sesuai dengan ayat tadi alangkah baiknya kalo kita adil dan proporsional dalam menjalani peran-peran tersebut, jika anda adalah santri adil dan mengertilah akan posisi tersebut dengan menjadikan diri sebagai orang yang taat terhadap pesantren dan tata tertibnya, emang sih ga ada ayat al-quran yang bilang “wahay orang-orang beriman janganlah kalian beli nasi goreng diluar komplek pesantren” tapi mau gimana lagi, konteks dan ayat tadi kalo sesuaikan artinya memang begini. jadi disini kita dituntut untuk adil menjalani peran sebagai santri tersebut dengan menjadikan pribadi kita sebagai pribadi yang taat terhadap tertib dan aturan. Jadi yang sabar kalo belajar itu. yah? (iyaaa jawab jamaah)

Begitu juga yang saat ini menjalani peran sebagai guru, hendaknya kita bersikap adil dalam menjalani peran, terutama disaat sistem kependidikan diIndonesia disinyalir blur dan arahnya tidak jelas.
 
Kesimpulannya mari kita berlaku adil dalam menjalalni tiap peran kita. Cukup sekian, jika ada bermanfaat ya silahkan diambil, kalau ada kesalahan ya dibuang aja ketempat sampah.
Akhirul kalaaam ..Wabillahi taufiq wal hidaayah wassalaamualaikum warohmatulloh
 

Buahahaha gaje banget kan? Setuju ga sama kultum 4 menit kayak gini, dengan isi yang gag sistemik dan berkesan gaje begini..hahaha..
Oke sebetulnya banyak yang pengin gue sampein waktu itu.. cuman gue takut waktunya ga cukup...
Mungkin lusa atau lusanya lusa lusa besok diblog ajalah gue lanjutin kultum gaje kemaren... hahaha




oiya sobat blogger tadi gue ikut lomba cerdas cermat di UPI bandung ngewakili MA Al-muhajirin, tingkat SLTA seProvinsin JABAR, BANTEN dan DKI. alhamdulillah kita dapet juara 1, hadiahnya katanya mau diserahkan besok sore di Bandung.


nah untuk anak-anak SMAIT ASY SYIFA subang, SMA 22 BANDUNG, SMA 06 BANDUNG, SMAN 1 ciamis dan kawan-kawan lainnya tadi tetep semangat yah.. jangan patah arang gara-gara sekumpulan orang gila dari purwakarta yang kerjaannya nyalahin juri.. hahaha


okeh EPEREBADEH, DOAIN ! MOGA HADIAHNYA DUIT 800 MILYAR, kalo dapet segitu, tar kita semua bakal ikut pemilu di PILPRES Mendatang, gue sebagai capresnya... okeh okeh okeh? tar sobat mau jadi menteri apa aja deh... bakal tak kabulin. #mimpisesat

nah ini dia kenang-kenangan dari UPI tadi :




gue : nomor 3 dari sebelah kiri
tolong jangan tanya siapa yang celana seragamnya dibikin beggy #pssst dia itu orang salah gaul.

Read more ...

11 August 2011

Guru Bangsa(t)?

absurd...!!
orang-orang pada payah kali ya,,, secara, hari libur uda jaaaaauh kelewat. haripun udah normal kembali, yahh terlepas dari sebuah realita dimana hari-hari yang normal malah membuat orang normal jadi semakin frontal dan berakhir pada suatu realita baru "ABNORMALISASI MASSAL"
(lo nyopas dari mana kata-kata yang begini riid?#hallahgapenting...

oya apalagi ini puasa.... wahh.. kayaknya beberapa pekerjaan akan terasa makin berat kali ya.. tapi yo sing sabar.. ojo mokel!! haha

tapi kok sayup-sayup hamba kepikir si aisah yang tadi siang dengan enaknya makan kerupuk didepan gue. huaaaa... ga pengertian banget!, dasar makhluk tuhan yang paling khusus!! 
rasanya pengen banget minum baygon waktu itu <ga je.
ngomongin baygon, jaddi inget stat-stat di fb gue 4bulan yang lalu, coba liat ------------------------------------------------->

mmm.. gak ada yang menarik disimak yah sob? ga kayak blognya bangbena atawa irvina(apa lagi sih namanya?) yang pengunjung dan komengnya jarang sepi, yahh dibanding blog gue yang seumuran jagung ini sih emang kalah jauh lah..(loh?

sebenernya sih banyak yang pengin di share, artikel numpuk, berharap bisa dimuat dikoran #ngarep. tapi yahh.. gimana ya... nulis untuk di share ke media cetak dan umum itu emang ga bisa seenaknya... tapi lama-lama gue mikir, idup kenapa musti serius yah... toh ga enak serius-serius melulu, idup itu uda susah dek, jangan dibikin susah <petuah pak dagang nasi uduk

.

oh tadi ngebaca tulisannya mas stevanus sama mbak pipit meong (aneh banget sih namamu.. haha). tiba2 gue keinget betapa lucunya kejadian bulan lalu. tiba-tiba pas sore sepulang gue dari madrasah, bu kepsek sms

ass, pa farid. ada yang laporan bahwa anak dipukul itu hampir ada tiap harinya. bnr ga? maap lewat sms. wass..

jeleger!! nungginglah daku, gue serius sob, baru terhitung tiga bulanan waktu itu jadi orang gila + merangkap jadi guru bangsa(t). udah kena damprat 2 kali, yang pertama nya gue di sms "pa farid, tolong nulis arab jangan ditumpuk-tumpuk". haddu rek, tulisan arab ya emang gitu, yang ditumpuk itu kayak apa gue ga ngerti. akhirnya gue cuma bilang "oh maap bu, makasih ama sarannya" <jawaban tanpa dosa>

hoallah ya alooh gustii.. ternyata sms itu ngingetin hamba kalo beberapa waktu sebelumnya itu nyeplak kepala anak orang pake buku, tapi suer deh,, ga kenceng... (asem... makin manja aja anak-anak sekarang.
si murid itu ternyata sampe rumah nangis dan ngelapor ortu nya.. gue heran.. kalo emang sakit kenapa nangisnya ga pas gue pukul tadi? aneh kan? masa dipukulnya 2jam yang lalu nangisnya sekarang? hebat.. dan sekali lagi, gue ga mukul!!!! cuma nyentuhin ujung buku ke kepala.. dan ga sampe bunyi "plak!" ngerti?? <marahnya orang stres

nah buat si pipit... tolong jangan kategorikan saya sebagai guru bangsat.. sumpah.. murid-murid itu emang kurang ajar, masa gue lagi ngomong malah lari-larian, ada juga yang naek-naek bangku..?? (hoaaa bayangin aja kalo misalnya sobat semua dalam keadaan ngenes seperti itu. huaaa hiks hiks hiks pasti bakalan jambak2 bulu ketek sendiri...

oke diujung posting gue cuma mau bilang,
guru bangsat itu memang ada, tapi gaya mendidik keras itu tidak harus dimusnahkan sama sekali, terbukti murid dilembutin malah semakin manja.... jadi, musti sedikit tegas tapi bukan keras. dan itu harus. dengan catatan adil dan proporsional.
sekali lagi, itu harus<ga usah diulang-ulang napa!!.
jangan kaya guru gue dipesantren dulu yang pernah nyuruh baca quran 5 juz sambil berdiri cuma gara-gara ga tidur siang... bayangin! apalagi itu waktu gue umur 9tahunan. atau pernah dipukulin pake selang gara-gara renang-renang disungai <mimpi pingin ke dufan yg ga kesampean.

jadi, apapun posisi kita, siswakah, mahasiswakah, guru, dosen, senior disekolah, birokrat atau apalah itu namanya musti jalanin amanah yang sedang diemban, lakukan apa saja.. dalam catatan ADIL dan PROPORSIONAL.

akhir kata saya ingin sampaikan, jangan lupa minum baygon sebelum tidur... <STRES MIKIRIN ONGKOS WARNET...huahahha


Read more ...

05 August 2011

ai kam bek,

Hay.. Hay.. Apa kabar broda.. Sista.. blogger dan non blogger yang kucintai sehidup ga semati...

huaaa pada kangen kan sama gue? haha ga yah? kayaknya gue mesti operasi transgender nih biar beken kayak neng supinah...


waduhh udah lama ga ngeblog,,, gilalah sekolah sambil kerja itu emang asemmm, MEREPOTKAN!! hahasosib...

Pada puasa ga nih?

seperti yang pernah gue ceritain kalo sekolah kita punya media namanya "balasmedia" nahh Kali ini disalah satu halamannya kita tambahin satu rubrik yang dinamakan "BLOGGER SPEECH"
masih soft file, beberapa naskah masih digarap penulisnya, tanggal 7 nanti kita bakal cetak 500eks, oiya lupakan saja poto kita yang naek kol buntung gratis itu, haha

kolom ini khusus untuk menampung tulisan sobatbalas(sebutan buat pembaca balasmedia) yang sifatnya ringan, renyah bahkan gila. dengan syarat isinya tidak sia-sia semata atau menyinggung SARA tertentu. sia-sia? kayak gimna tuh.. contohnya curhat tentang kucing lo yang baru 2bulan ngandung. bayangin aja kalo tulisan semisal itu musti dimuat dijurnal sekolah kita GA LUCU kan?

singkatnya lo, lo, lo, end lo -bahasa yang gak merek- bisa nampangin tulisan lo dari blog atau non blog ke media kita "balasmedia", nah untuk reward dari tulisan yang dimuat masih kita musyawarahkan, entah itu bentuknya jalan-jalan ke singapura, dinner bersama nazarudin, atawa plesiran ke bali ala gayus tambunan. atau kalo mau ikutan rombongan bapak-bapak DPR ke eropa (study nungging). sumpah kita bingung nentuinnya, masing-masing sama-sama enaknya.
tapi serius deh kita masih musywarahin hal ini..

okeh sebagai permulaan akhirnya gue sendiri yang ngisi rubrik itu.
cekibrot!!

assalamualaikum sobatbalas semua... pada puasakah? atau ada yang setengah hari kayak adik-adik kita di bangku SD? huahaha.. ga lah ya..
oke kali ini, sebagai permualaan rubrik kita yang baru ini, kita bakal ngebahas hal yang berkaitan dengan adanya rubrik/kolom yang satu ini -”blogger speech” atau khutbah blogger.
Hayooo siapa yang ga kenal facebook.com atawa twitter.com? Ga ada kan? Semua pasti pada tau. Bahkan ada yang ngaku jadi kecanduan.wahh hati-hati loh kalo udah sampai tahap kecanduan.. Bahayyaa.

Okey, Sobatbalas(sebutan buat pembaca balasmedia) dan para blogger mania.
Kita sama-sama tau nih, Seiring berjalannya waktu pengguna internet khususnya dalam negeri, semakin meningkat saja. Hal ini dapat dilihat dari sebuah url yang memberitahukan bahwa indonesia adalah pengguna facebook.com dan twitter.com terbanyak ketiga didunia setelah Brazil dan china(kalo ga salah). amerika aja nih sampai kalah... Wah.. Ajib ga tuh?
Nahh.. Dalam ranah dunia virtual/maya ada beberapa jenis pengguna internet, mulai dari Pebisnis, Penikmat jejaring sosial(Facebookers,twips,plurker,dll) penikmat game/gamers, point blank dll, sampai pada si gatel nulis yang biasa disebut BLOGGER.

BLOGGER, Nahh.. Ini dia yang bakal kita bahas, Opo iku Blogger? Blogger  adalah sebutan yang biasa disematkan pada mereka yang memiliki akun blog/website secara independent(tidak terikat dengan peraturan website tertentu) dan yang paling utama adalah mereka selalu rajin membuat/mengupdate postingan-postingan dalam blog mereka secara bebas. Kadang berbentuk tutorial tertentu, karya tulis, video iseng, sekedar berita atau cerita, motivasi, forum diskusi, bahkan sampai online diary. Isinya seringkali bebas, bahkan sebebas-bebasnya. itulah mengapa pada blog-blog yang dikelola oleh para blogger secara independent tersebut, seringkali para netter(pengguna internet) mendapat informasi yang tak terduga dan bahkan lebih dalam bahasannya.

Kenal radithya dika, penulis buku-buku komedi seperti kambing jantan, marmut merah jambu dsbg? Ya dia adalah salah satu dari sekian banyak blogger yang terkenal karena blognya radithyadika.com. Bahkan dari blog pun orang berani ga bekerja lantaran tau kalo prospek bisnis dalam dunia blogging menggiurkan.
ya siapapun itu yang membuat blog, entah pebisnis atau pelajar tetap saja sama-sama seorang blogger dan sama-sama punya potensi baik buat sukses dari blog.

jurnalbasi.blogspot.com,inilahguru.com,kaisarsastra.com,jonru.net,radithyadika.com. Coba deh  tengok blog-blog ini dibrowser internet kamu.

Nah lalu ada apa nih, kita ngebahas para blogger yang rata-rata nulisnya suka agak frontal dan absurd, bahkan cenderung gila.meski begitu, Ya seperti yang udah ditulis diatas tadi seringkali dari blog-blog yang dikelola para blogger itu kita dapatkan info-info yang tidak terduga sebelumnya, bahkan seringkali blog jauh lebih dipercaya ketimbang media-media massa lainnya.
Memang sih, bagi segelintir orang cara menulis mereka itu agak jauh bahkan cenderung menyalahi kaidah bahasa indonesia yang baik dan benar, tapi apa sih gunanya kaidah bahasa itu jika pesan yang kita sampaikan malah tidak tersosialisasikan? Ga ada gunanya kan? Berpegang dengan hal tersebut maka tak pelak jika gaya tulisan blogger agak “ngawur” tapi tetap saja secara isi mereka jauh lebih polos dan jujur,itu menjadi poin tersendiri bagi para netter(pengguna internet)

Humanis, humor sense, update, polos dan jujur adalah ciri khas dari gaya tulisan blogger, dengan mengambil latar belakang kehidupan masing-masing menjadi daya tarik tersendiri bagi para pembacanya. Nahh... Oleh karena itu diedisi balasmedia yang ke-11 ini, rubrik “blogger speech” ini mulai dibuka. Dan tulisan ini sebagai awalnya. Nah yang mau tulisannya dimuat diedisi depan yang insyaalloh bakaln terbit dwiminggu kedepan. Boleh share kesini. Caranya gimana? Gampang... Bawa duit cepek-an kasih ke gue #plak!!ditampar pembaca. Haha ya ga lah.. Caranya tinggal bikin tulisan yang sifatnya memotivasi, memberitakan hal-hal yang bermanfaat, dengan gaya bahasa yang ringan dan mengalir. Trus laporkan karya kamu itu grup balasmedia di facebook atau langsung masukkan di kotak redaksi. Wass. RG

oh ya kalo ada sobat yang minat silahkan klik ke link grup FB kita, n tag URLnya kesini "balasmediaingrup" 

oke oke wasalamelekum... besok main kesini lagi yah.. hehe maap nih udah lama ngilang.. heee

Read more ...

13 July 2011

anak pesantren?, #silent

ga tau mau post apa*amnesiasepertibiasa. disatu sisi pengen ngebahas poto-poto gAhoL gue 1 taun yang lalu... 
gantengkan? waktu itu gue uda lepas celana tapi gaselesei gara2 berita pak gayus
disisi satu lagi pingin juga ngebahas undangan-undangan konyol di FB, kayak jasa pembuatan blablala, tukeran link bla bla.. malah ada juga yang jual blog bla bla blaasem...
gapentingbangetkan??
 atau absurditas yang terjadi dalam chating-an gue ama ustadz hanif, ustadz yang dulu sering gue ajakin nyewa DVD trus nonton ditetangga pesantren. huakakak. santri yang berbakti

beliau orang sumatra makanya bahasnya begono, inget! dia bukan tero!

mmm... jadi inget sama temen-temen di pesantren dulu jadinya, inget waktu digundul gara-gara cari video naruto di warnet. asemm... 
mmm,,, kali ini gue pengin ngebahas sebuah fenomena santri dimata masyarakat ah,, ya walaupun gue bukan termasuk kriteria santri yang baik, tapi gapapalah kalo buat sejenis justifikasi atau apalah itu ga ngerti gue.. haha.

dalam sebuah percakapan ibu-ibu,
ibu 1 : saha tah?

ibu 2 : eta si parid, putra na kang haji

ibu 1 : ohh si anak pesantren tea?

ibu 3 : (nyeletuk) waduh eta mah meuni bageur pisan nya? pengen deh jadiin dia mantu, #kecuali kalo yang diomonginnya itu gue, kayaknya ga mungkin dia ngemeng begini

ibu 1 : tapi tar dia mau jadi apa ya? sayangkan bertaun-taun tinggalin rumah, susah-susah ampe ga ada asupan kalori dan protein. masadepannya cuma jadi guru ngaji disurau-surau yang rusuh. sekali-kali kek jadi bartender*out of topic maap.

ibu 2 : eh denger ga jeng, kata berita kebnyakan anak pesantren itu jadi anggota teroris tau !!! #stopguegasukaini


bandingin ama obrolan anak-anak yang ngakunya gaHoL,


si gaHol 1 : sape tuh?

si gaHol 2 : oh itu siparid, anak yang dibuang bonyok nya ke negeri antah barantah, n lo tau ga sih, dia itu gak gAhol beud tau, masa ke discotic make sorban?... apalagi kalo ketemu cewek, pasti langsung buang aer dicelana

si gaHol 3 : (nyeletuk) hehh,,, norak beud ya...

huahaha.. apa samanya? apa bedanya? gatau, yang jelas sama-sama punya pandangan miringkan?
itu tadi obrolan fiktif broda dan sista, tapi ga menutup kemungkinan kalo itu terjadi. soalnya dulu gue pernah nguping n dengerin curhatan temen gue yang seperti itu. satu kejadian yang gue inget, waktu gue nyantri di LOMBOK pernah akrab sama seorang penyiar radio, berawal dari bacotan dia diradio yang gue tegor gara-gara salah nyomot ayat, yaiyalah blieber aja bakal gantung diri kalo nama besar idolanya diselewengkan (sengaja atau tidak). apalagi gue, sebagai pemuda yang dipenuhi oleh cahaya quran#jangan dipercaya gan!!. lalu tiba-tiba dia jadi ngejauh setelah tau gue anak pesantren. asemm... itu bukti pertama. bukti yang kedua suatu kali temen gue si erja (sekarang dia udah ke afrika, asem.. pasport lu ga bikin gue ngiler..). dia cerita "eh rid, tau ga si ini? dia ga mau di wall nya disebut-sebut pondok dia sampe ngirim itu ke inbox sambil bilang pleaaase banget ya jangan sebut pondok atau apalah di FB gue". huaahahahasemm seburuk itukah label santri? sampe santri itu ga mau dilabeli santri, gue ga tau kalo ternyata ada saja orang yang bilang kalo santri itu ga jauh dari terorisme, kitabkuning dan kekunoan, gariskeras, fundamental,

ayolah kawan, sejarah dan realita selalu jujur dengan membukukan kiprah kaum santri diberbagai sektor dan kalangan. misalnya didunia writing, lo pasti kenal A salim fillah, habiburrohman el-sirozy, de el el... didunia politik, sejarah kemerdekaan de es be ge, lo pasti kenal orang seperti KH hasyim asyari, KH ahmad dahlan, tri sutrisno, KH zainuddin MZ, Gus dur, ah udalah ga bisa disebutin satu-satu.... 

gue cuma mau bilang :
"jangan bikin kemahasempitan hidup ini dengan sekat-sekat sosial yang ga mutu, mau anak layangan kek, anak pondokan kek, blogger kek, blogger full follower kek atau yang masih baru sekalipun, artis kek, islam kek, kristen kek, jomblo kek, apalah pokoknya.. jangan ngebatas-batasilahhh.. 
toh justru kekurangan yang kita liat pada orang lain itu malah menambah kekurangan yang baru pada diri kita, jangan sok mantep sendiri lah... mentang-mentang followr blog n twitnya banyak jadi suka bikin-bikin postingan ga berguna dan gampang nge judge gini gitu, haha #sewot"


ah udalah.. sebagai guru bangsa yang masih muda, gue musti banyak-banyak minum aspirin dan vakum jadi kelelawar... selamat malam kamis, pesen gue sesama jomplo: malem minggu 3hari lagi, jadi jangan dari sekarang menggalaunya. salamelekum...





Read more ...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...