02 July 2011

Riiedzgibran tampil sebagai Khotib jum'at #dusta

abis nulis bio sendiri nihh.. emang belum tuntas sih.. tapi ya lumayanlah  dah bisa dibaca.. 
mmm... haduuh bingung mau posting apa... atau lebih tepatnya mau ngelakuin apa, mmm.. mau jalan sama doi ga jadi, katanya dia lagi shooting #uwoo dusta terabsurd sepanjang masa. mau ikutan acara Komunitas Lampu Merah, kata si ajis ga seru.. yah apa boleh buat, tapi tar agak siangan lah kesana. kasian, gimanapun juga kita kan musti ngormatin sastrawan tempatan... ya ga?. apalagi mereka yang pertama berani beraksis-aksis ria pake TOA diseputaran Situ buleud. loh? kok jadi ngelantur begini sih?

ahha...  #plak!biasa aja kali ridz

oiya.. gue masih inget sebulan yang lalu ditantang abah buat bikin teks khutbah jum'at, pokoknya mah yang temanya terorisme-terorisme begitu deh, tapi gue ngangkat tema yang intinya islam yang notabene agama gue ini tidak mendukung aksi-aksi rasis dan eskrim.. eh salah.. ekstrim, soalnya waktu itu lagi rame-ramenya Reportase seputar Osama bin laden dan fenomena gerakan NII di indiotnesia -haduhtelatnyaaapemerintahkusayang..dasargarespect- ya mungkin teksnya emang ga semuanya ditampilin dalam khotbah si Abah, sempet kecewa juga sih... tapi sang abah bilang "ga ada yang sia-sia dari tiap usaha kok, teksnya udah bagus, cuman abah sengaja memberi tekanan dalam beberapa poin yang menurut abah penting " .. nyengirlah daku, 'ocrelah kalo begitu'.

mmm.. mungkin agan-agan tak begitu suka dengan tulisan religi-religi kan.. tapi coba deh... oiya sebelum ngebaca saya pesen bakwan 2 es degan 1 ga pake saos., #plak!lagi. eh maksud gue itu tolong beri pendapat, soalnya sedari awal gue sadar banget kalo tiap-tiap postingan gue jaauh dari kata sempurna.. okelah langsung saja disimak. #jadipakustadmodeon




Drafting khutbah jumat si abah.
Theme : islam sebagai rohmatan lil alamin.

Amma ba’du…
dunia begitu ramai hari ini, mulai dari televise, surat kabar, situs–situs internet bahkan sampai warung-warung kopi dan juga rumpian ibu-ibu. Semua berkomentar mengenai kabar terpanas di akhir pekan ini. tentang bangganya amerika serikat yang telah mengklaim kabar kematian usamah bin laden yang beredar akhir-akhir ini sebagai pencapaian gemilangnya dalam penumpasan terorisme internasional. Terlepas dari bagaimana penilaian masyarakat luas tentang siapakah pelaku terorisme yang hakiki, Entah itu amerika serikat beserta infasi-infasinya didaerah-daerah teluk atau ulah usamah bin laden dan para pengikutnya yang tersebar di saentaro dunia. Wallohu a’lam.


Hadirin sidang jum’at yang berbahagia…
Orang bertanya apakah dengan hebohnya pemberitaan seperti diatas telah membunuh citra terorisme dalam tubuh islam yang sering dituduhkan akhir-akhir ini, sebab seperti yang diketahui bagaimanapun juga islam sering mendapatkan imbas dari tindakan para teroris berkedok agama ini.
Apakah dengan pemberitaan ini perang melawan terorisme internasional sudah mencapai titik final?. jawabanya tentu saja belum. Sebab perang melawan terorisme bukanlah perang fisik yang sangat mungkin bisa di selesaikan dalam hitungan hari. Tapi untuk hal ini murni perang idealisme. Yang tak mungkin habis jika dihadapi dengan pembunuhan-pembunuhan dan kekerasan-kekerasan.

Ya…. Secara rasional perang idealisme dan pemikiran seperti ini hanya dapat dilawan melalui sosialisasi-sosialisi pemikiran yang bersifat mencerahkan dengan Meletakkan kembali nilai-nilai islam yang sangat menjauhi tindak terorisme Yang meresahkan berbagai kalangan.
Dan Juga tidak lupa untuk menata ulang kesenjangan kesenjangan sosial, ekonomi, pendidikan dan politik yang selama ini seringkali dijadikan alasan untuk kelahiran paham-paham dan tindakan terorisme berkedok agama ini. Semua ini harus dilakukan dari berbagai sisi dan skala.


Hadirin sidang jum’at yang berbahagia…
Pada dasarnya konsep idealisme islam dan terorisme itu sangat kontradiksi atau bertentangan, jika terorisme berdiri dengan konsep kekerasan dan penyebar luasan terror yang dibungkus-bungkusi dengan pemahaman agama versi mereka maka sebaliknya islam sangat melarang tindakan-tindakan tersebut, sesuai dengan firmannya :

Islam merupakan agama yang menjunjung tinggi prinsip-prinsip bergama yang cenderung toleran. Sejarah membuktikan hal ini dimana ummat yahudi madinah pada zaman rosul dapat hidup dengan aman dan nyaman, meski pada akhirnya mereka harus di usir karna penghianatannya pada ummat muslim saat itu.

Maka teranglah sudah, bahwa kosep-konsep terorisme yang menghalalkan segala bentuk peneroran sampai-sampai dalam rumah peribatan itu merupakan sesuatu yang sangat bertentangan dengan ajaran islam. Maka tak ada lagi yang boleh mengatakan bahwa islam adalah agama terror…

Hadirin sidang jum’at yang berbahagia...
Kita sepakat bahwa segala bentuk tindak terror dan anarkisme merupakan hal yang sangat di kecam oleh penduduk internasional juga oleh berbagai keyakinan disaentaro bumi ini.
Entah akan dengan apalagi amerika serikat (AS) dan al-qoidah memenuhi Koran-koran di meja kita, cukup sudah AS dengan segala tindak tanduknya di bumi palestina dan cukup sudah tindakan-tindakan al qaidah yang meresahkan masyarakat global. Ini semua harus diakhiri. Yang mana hal ini menjadi PR yang tidak lagi baru bagi kita semua.

Hadirin sidang jum’at yang berbahagia...
Alloh s.w.t berfirman :
ظهرالفسادفي البروالبحربماكسبت أيدي الناس
Telah nampak kerusakan di darat dan dilaut, (semua itu) karena ulah tangan manusia
Beginilah, Jika kita berbicara mengenai kondisi dunia kita hari ini, tata hukum yang negara yang mirip pisau dapur, lalu huru-hara di berbagai tempat, hingga bencana alam dan pemanasan global. bukankah akan sangat maklum semua terjadi? Mengingat bagaimana kondisi manusia saat ini, yang gaya hidupnya kian hari kian membinatang saja.

Hadirin sidang jum’at yang berbahagia...
Marilah kita lihat kondisi di sekeliling kita, Tidakkah kita merasa sangat tidak nyaman dengan keadaan hari ini, dimana pemuda-pemudi para penerus bangsa yang juga anak-anak kita sendiri, hilir mudik kesana kemari bergandengan tangan padahal bukan muhrim. ketawa ketiwi dipinggir jalan dan nongkrong-nongkrong tidak jelas, anak-anak gadis kita juga istri-istri kita yang mengenakan pakaian yang serba transparan dan mengundang berahi…
hadirinn sidang jumat, semua itu merupakan pemandangan yang sudah menjadi realita, benar-benar miris.. beginikah penerus bangsa kita? Generasi agama kita? Keadaan ummat islam? Akan jadi apa kita anak cucu kita besok?, apa yang akan kita katakan jika alloh tanyakan kita tentang hal ini di akhiratnya kelak? Ujung-ujungnya hanya neraka-lah bagian untuk orang-orang yang tak peduli pada hal sekitarnya.
Cocok dengan hadits rosul s.a.w yang menggambarkan hal ini :

ما من قوم يكون في قوم يعمل فيهم بالمعاصي يقدرون على ان.......
Tidaklah seseorang berada di suatu kaum dan ia berbuat maksiat, tetapi mereka tidak mengubahnya padahal mereka mampu mengubahnya, kecuali alloh akan menimpakan pada mereka semua sebelum mereka mati (ibnu majjah dalam attarghib)
Ya.. maka realita bodoh yang ada depan kita inilah azab yang dijanjikan tersebut. Fitnah berbaur dengan seruan kebenaran, yang halal berbaur dengan yang haram dan semuanya serba abu-abu dan sulit dibedakan. jika sudah begini maka apalah yang dapat diharapkan selain pertolongan alloh yang tak akan dating kecuali dengan kembali pada jalan-Nya yang lurus yaitu al-quran.

Hadirin sidang jum’at yang berbahagia...
Aisyah r.ah meriwayatkan, Rosul s.a.w bersabda :wahai manusia sesungguhnya alloh berfirman pada kalian serulah manusia agar berbuat kebaikan dan dan cegahlah mereka dari kemungkaran sebelum dating masanya ketika kalian berdoa , tetapi doa kalian tidak dikabulkan; kalian meminta kepada-ku, tetapi aku tidak memberimu dan kalian meminta pertolonganku, tetapi aku tidak menolongmu (ibnu majjah, ibnu hibban attarghyb) 

Hadirin sidang jum’at yang berbahagia...
Adakah masa yang lebih buruk ketimbang masa dimana doa dan permintaan tolong kita diabaikan?.
Oleh sebab itu, Maka dari mimbar jumat yang mulia ini khotib menghimbau agar kita senantiasa menyerukan yang benar dan mencegah yang munkar menghidupkan amar ma’ruf dan nahi munkar atau yang sesui tuntunan sebagai bentuk perlawanan kita terhadap ideology-ideologi yang bekedok agama.
Dan dari mimbar khotib ini pula khoti menyerukan agar kita ummat islam selalu hidup dengan menjadikan alquran dan sunnah rosul sebagai panutan dan tuntunan hidup. Tidak ada lagi bagi kita bob Marley, elvis parsley, dan orang-orang yang tidak solat lainnya untuk dijadikan acuan gaya hidup. Cukup sunnah rosul dan para pengikutnya.
memulainya dengan yang paling mudah dan terpenting yaitu dengan aktif solat berjamaah di masjid lima waktu dan tepat waktu tentunya, di lanjutkan dengan belajar ilmu-ilmu agama secara benar dari sisi pembahasannya maupun sumbernya, semua ini dilakukan untuk menambal kekurangan ummat islam hari ini yang masih rapuh dari sisi barisan dan kesatuan juga sisi keilmu agamaan yang mana kedua hal ini seringkali mengawali paham-paham yang keliru yang mengakar pada diri kita, juga mudahnya kita menjadi korban propaganda-propoganda yang sering dilakukan.
Hingga pada akhirnya hidup kita dapat mencapai titik final dimana tak satupun persendian kita ini bergerak, tak sedikitpun nafas ini terhembus kecuali dalam mentaati perintah alloh dan menjauhi larangan NYa.


gimana? kurang bagus yak? koment koment koment... gue ga suka sama orang yang tau blog gue tapi ga mau visit, apalagi yang visit trus ga mau baca,, terlebih-lebih lagi yang udah baca tapi ga mau koment,.... SAYA TAK SUKE... 







5 comments:

  1. emang ada angin apa tau-tau ditantang abah suruh bikinin draft khutbah?
    jgn bikin draft aja dong. gantiin abahnya ceramah skali-kali.. ;p

    ReplyDelete
  2. bang ada award buat bang riedz di http://dakapuchino.blogspot.com/2011/07/award-untuk-10-blogger-top-comentators.html

    ReplyDelete
  3. @ omgitswina :
    ahaha. ya itu kali siabah kerasukan jin mustapa.
    ga akh. tar rumah ak dibakar gara2 bilang "hadirin tolong nikahkan anak gadis anda sekalian dg saya". :)

    @prasetyo :
    sama-sama sob.. ak gantng kan? #gaje

    @(L)ain :
    hahaha.. tp ga lu baca semua kan? yakin w :(

    @andaka : ogah ah .. w mau awardnya DUIT !! :)

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...