19 August 2011

kultumer kebelet #sesatmodeon

alkisah malam yang lalu seorang manusia waras berbincang dengan temannya yang agak sedikit random dalam memakai celana.

Temen : Parid.... ente ngomong apaan tadi waktu kultum?

Gue :      Ga tau, ane oge ga inget, tiba-tiba aja ni pala cenat cenut yu naw mi sowelll... terus ngeracau ga puguh didepan 1000jamaah.

Temen : itu doang alasan ente? Dasar orang gila!!!

Gue : Huahahaha...

yahh.. kurang lebih Itulah obrolan yang terjadi antara gue dan tukang somay (eh bukan ding..)
Siapa rid? siapa tuh orgilnya rid...?  gausah tanya !! gue orangnya... hahaha #ketawasetan.
kultum yang gue bawain semalem  sebetulnya bukan kultum. Dan itu bukan tugas gue, gue ngegantiin orang yang kabur dari tugas itu<dasar santri biadab..haha

ya, semalem di masjid Al-mukhtar dikompleks pesantren Al-muhajirin emang ada orang gila yang ngisi kultum teraweh, kayak orang kebelet be’ol, Ga ada basa basi panjang ala UJE dan sambutan konyol ala pembawa pidato kepresidenan. ceplas ceplos ga make teks ga make garem, tapi make asem sama gula jengkol. *kebayangkan suasana malam itu? lebih panas dari pada latihan duduk diatas kompor gas dalam 3 detik.

Dan Dalam keabsurdan itu, alhamdulillah ternyata kali ini dia tampil pake celana dalem, mau tau isi kultum geblek gue gak? mau dong mau dong.#maksa



assalamualaikum... bismillah walhamdulillah wasshlaatu wassalamu ala rosulillah <sampai akhir..
innalloha ya’muru biladli walihsan (sesungguh nya Alloh SWT memerintahkan untuk berbuat adil dan ihsan)
yarfa’illahulladzina aamanu minkum walladzina utul ilma darojaat
(Alloh SWT menggangkat derajat orang-orang beriman dan ahli ilmu dikalangan kalian dengan derajat yang tinggi)

jujur waktu itu gue bingung mau ngomong apa... sambil nyebarin pandangan kearah jamaah yang jumlahnya hampir melebihi 1000 kepala. sumpah! Lo pasti bakal mikir kenapa gue mau-maunya ngelakuin itu, 1 alasan yang gue punya, menantang! dan gue pengin tau sejauh apa keabsurdan gue...! Ya itu aja alasan gue berani tampil ngedadak dan tak diundang. Bukannya gue mau cari muka sama kyainya trus biar dinikahin sama anak gadis atawa santriwati pilihannya kayak disinetron pesantren n rock n roll. Ga !! sumpah ga... soalnya kyainya juga pasti bakal mikir gini “wahh.. masa iya orang degil begini bakal gue jodohin ama orang pilihan gue? PIRAKU ATUUUH”
 

masih diem..>
 

45 detik kemudian......
 

Hhmmm cenat cenut euy... (huahahaha jemaah ketawa)
Sm*sh beneran jadi dateng yah?
Iyaaaa.. (jamaah sontak ngejawab)
Luar binasa.. sm*sh nya belum dateng, tapi euforianya udah kerasa dari beberapa hari sebelum ini. Oke sebelumnya saya pengin nyampein keheranan saya sama realita ini. Sm*sh emang mau dateng.. tapi tolong biasa we lahh... gausah sampe diobrolin dimesjid, jangan sampai hal yang remeh temeh begini mengganggu kekhusyu’an beribadah kita. Dan terlepas dari ketidak sukaan saya terhadap gaya bermusik mereka, bisa ga sih kita bersikap wajar saja... toh sama sekali ga ada kaitannya sm*sh sama dunia pesantren.. ya kan? (sebagian jamaah manggut2, sebagian lagi cemberut)
 
Diem lagi...>>
 
25 detik kemudian
 
Saya Ngomong apaan sih? (jamaah ketawa)
Oke, kita ke topik yang sesuai dengan ayat yang dikutip tadi, tentang perintah Alloh SWT untuk berlaku adil dan ihsan dalam segala hal. Dalam hidup ini seseorang dituntut menjadi seorang guru, namun disisi lain ia dituntut pula untuk menjadi seorang murid. Begitu juga sebaliknya.
riilnya Begini, mungkin kita masih merupakan murid/siswa disekolah kita, tapi tentunya kita sadarkan kalo kita ini-pun sebenernya guru/pemimpin/panutan bagi adik-adik kita. Ya ga?
Iyaaa (jawab jamaah)
 
Jadi, sesuai dengan ayat tadi alangkah baiknya kalo kita adil dan proporsional dalam menjalani peran-peran tersebut, jika anda adalah santri adil dan mengertilah akan posisi tersebut dengan menjadikan diri sebagai orang yang taat terhadap pesantren dan tata tertibnya, emang sih ga ada ayat al-quran yang bilang “wahay orang-orang beriman janganlah kalian beli nasi goreng diluar komplek pesantren” tapi mau gimana lagi, konteks dan ayat tadi kalo sesuaikan artinya memang begini. jadi disini kita dituntut untuk adil menjalani peran sebagai santri tersebut dengan menjadikan pribadi kita sebagai pribadi yang taat terhadap tertib dan aturan. Jadi yang sabar kalo belajar itu. yah? (iyaaa jawab jamaah)

Begitu juga yang saat ini menjalani peran sebagai guru, hendaknya kita bersikap adil dalam menjalani peran, terutama disaat sistem kependidikan diIndonesia disinyalir blur dan arahnya tidak jelas.
 
Kesimpulannya mari kita berlaku adil dalam menjalalni tiap peran kita. Cukup sekian, jika ada bermanfaat ya silahkan diambil, kalau ada kesalahan ya dibuang aja ketempat sampah.
Akhirul kalaaam ..Wabillahi taufiq wal hidaayah wassalaamualaikum warohmatulloh
 

Buahahaha gaje banget kan? Setuju ga sama kultum 4 menit kayak gini, dengan isi yang gag sistemik dan berkesan gaje begini..hahaha..
Oke sebetulnya banyak yang pengin gue sampein waktu itu.. cuman gue takut waktunya ga cukup...
Mungkin lusa atau lusanya lusa lusa besok diblog ajalah gue lanjutin kultum gaje kemaren... hahaha




oiya sobat blogger tadi gue ikut lomba cerdas cermat di UPI bandung ngewakili MA Al-muhajirin, tingkat SLTA seProvinsin JABAR, BANTEN dan DKI. alhamdulillah kita dapet juara 1, hadiahnya katanya mau diserahkan besok sore di Bandung.


nah untuk anak-anak SMAIT ASY SYIFA subang, SMA 22 BANDUNG, SMA 06 BANDUNG, SMAN 1 ciamis dan kawan-kawan lainnya tadi tetep semangat yah.. jangan patah arang gara-gara sekumpulan orang gila dari purwakarta yang kerjaannya nyalahin juri.. hahaha


okeh EPEREBADEH, DOAIN ! MOGA HADIAHNYA DUIT 800 MILYAR, kalo dapet segitu, tar kita semua bakal ikut pemilu di PILPRES Mendatang, gue sebagai capresnya... okeh okeh okeh? tar sobat mau jadi menteri apa aja deh... bakal tak kabulin. #mimpisesat

nah ini dia kenang-kenangan dari UPI tadi :




gue : nomor 3 dari sebelah kiri
tolong jangan tanya siapa yang celana seragamnya dibikin beggy #pssst dia itu orang salah gaul.

7 comments:

  1. waaaa lanjut di blog ya om rid, LANJUTKAN!!! hahaha

    ReplyDelete
  2. ternyata postingan tadi belum selese ternyata wkwkwk kebelet komen haha XD

    ReplyDelete
  3. wkwkwkwk di pesantren celana boleh di model beggy juga?? wkwkwk

    kayaknya seru punya kakak santri gahool seperti lo ye??

    ReplyDelete
  4. ayayay... aya2 wae atuh Kang parid! geleng2 ngakak gw bacanya.. tapi gw ngacungin 4 jempol bwt elu Rid.. bener2 LUAR BINASA! wkwkwkwk... kadang nih Gw heran, dulu nebaknya Lu uda tua.. ternyata eh ternyata masih belia tapi kga pake unyu.. :D

    ReplyDelete
  5. haha, rada ngakak nih bacana.. santri gahool berarti nya? :D

    ReplyDelete
  6. wiih berani kultum dihadapan banyak orang keren lho~

    salam kenal ya

    ReplyDelete
  7. hahahaha sebenarnya ak suka tuh am iklan tory tory tapi yg donut totally disgusting yaks!

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...