03 January 2012

UTS -> UAS-> UN = itu apa?

Setelah menjalani serangkaian UAS dan segala tetekbengeknya Liburan akhirnya tiba (padahal udah mau masuk lagi), gue rasa UPIL dihati ini sudah lega. gue pun posting... tentang liburankah? ah males! terlalu syahrini! lagian gue gak mau ada yang tau kalo kemaren siang gue abis Nonton bareng sama Putri titian. mau post tentang tahun baru dan segala hal yang update? ah itu terlalu samandayu!(piss kang). kan blog guenya juga JURNALBASI jadi ngomongin aja yang basi-basi.. ngyahahha.

mmm... Seperti yang pernah gue ceritain waktu itu, dengan sangat sadar jiwa raga dialam semesta bahwasannya Gue tau betapa indahnya nyontek itu. But akhir-akhir ini gue ngerasa aneh. rasanya gue ga pernah ngerasa seseneng waktu ngeliat hasil kerjaan sendiri (tanpa nyontek).
Soalnya pas gue liat hasil ulangan nan contekan, muka gue cuma datar, biasa, bahkan cenderung memutih. kenapa? Wajah ini meng-gantengkah? 

Gak! 

dan Upil diidung gue pun biasa aja.

siswa multitalenta, Ahmad Farid sedang menunjukkan keahliannya (pra UAS)

tahan nafas.


Nyontek, sebuah realita paling riil di permukaan bumi pendidikan diseluruh alam raya. Ganyontek = gagaul. Gaul = nyontek. pusing ah. Memang Pergeseran nilai-nilai moral sudah sangat meng-Universal. sehingga lahirlah mindset paling popular, 

Moral+idealisme= kuno dan terbelakanng.

gue bingung sebenernya apa yang salah dengan contek menyontek, bukankah si-penyontek rela mencontek dan yang diconteki rela diconteki? tanpa ada unsur KDCM (Kekerasan Dalam Contek Menyontek)

gue pun mencontek bersama teman-teman, bergembira ria ditaman strowberry bersama DORA juga DIEGO dan hewan peliharaan mereka.

tapi disisi lain gue juga bingung "kalo emang ujian yang ngabisin biaya ga dikit itu ternyata berujung nyontek, lalu apa fungsi ujian ya?. kan sama aja kayak orang yang upload foto ke FB trus dia koment pake akun  dia yang lainnya "ih cantik ya... ih manis yaa.. dan lain2" (ini bener2 pernah terjadi).. lucu kan?

nah... dari hal-hal seperti ini tergalilah suatu pikiran bahwa mencontek itu ternyata membawa sedikit efek negatif. jujur gue ga mau tau apa itu.
dulu gue pernah diceritain temen, waktu dia khuruj ke India. "orang indonesia itu manusia yang paling doyan air. mulai dari gaya makannya sampaitempat tinggalnya, itulah sebabnya sifat-sifat air ada pada kalian. mudah terbawa arus, gampang berubah warna dan tidak tetap pendirian". dan apapun yang lu pikirin sekarang mengupillah! karena mengupil membawamu lebih sadar diri.

dan dalam hal contek menyontek ini siapapun bisa disalahkan tentunya. Walaupun beberapa orang masih sangsi kalo menyontek itu zalim.(?!)

Gue sendiri pernah diceritain temen kalo dia sama temen-temennya pernah patungan duit buat beli kunci soal dari satu lembaga BIMBEL terkenal dinegeri ini.sedikit sulit dipercaya, tapi itulah yang terjadi. dan Gue ga memungkiri kalo dalam segala segmen emang ada istilah “Kongkalikong manusia setengah kingkong ditengah ladang singkong”. hallah apalah ini...

sedikit cerita gue waktu gue coba2 ikutan ujian paket.

tahun lalu setelah pelajaran Non formal gue (dibuat) selesei. Gue pun berinisiatif untuk kuliah dijurusan sastra atau jurnalistik, ganyambung ama basic gue emang. Tapi ya Namanya udah pengen. 

Awalnya gue pikir gue ga bisa ikut, karena gue baru aja lulus SMP 2 tahun sebelumnya. Gue coba bicara sama lembaga bimbingan ujian itu, sambil bawa “duit” tentunya. ujung-ujungnya ternyata bisa. Yap tanpa pikir panjang gue langsung daftar dan bayar. (gue tau ini usaha yang sedikit curang, tapi kan gue ganteng)

Singkat cerita, hari H (ujian)pun tiba, pas lagi enak-enaknya ngurek LJK tiba-tiba masuk SMS “1a 2b 3e 5d 6c 7d 8a 9a 10e” emak! ini dosa apa doa? gue coba celingak celinguk heran-bingung-galau-random ah lebaynya... gue tanya rekan-rekan “ini dari yayasan?” mereka ngangguk sambil bilang ”tulis persis! Semuanya udah diatur” #gubrak! Maksudnya apa ini?

Pas jeda ujian tiba, Dengan sok sucinya gue pun nyeletuk “ini ga ngelanggar hukum ya?” mereka ketawa. oh ya alloh polosnya gue waktu itu karna terlalu terpaku sama tulisan 

“DOKUMEN MILIK NEGARA, SANGAT RAHASIA”

gue pun bershower #PJP banget

ujung-ujungnya gue dibanting lagi kemeja sekolah. karena ga ada konfirmasi apakah ijazah paket A gue udah jadi apa belum.

Kita ke topik, gue akui memang berbagai upaya pemerintah lakukan, mulai dari sistem paket soal, penambahan anggarandan bla bla bla. Tapi ternyata tujuan UN itu sendiri yang katanya meningkatkan mutu pendidikan negeri itu gak keliatan! yah okelah kalo quote2 gue kali ini sedikit pesimis apatis dan multingawurisasi. but itulah uneg-uneg gue mau gimana lagi coba? mau ngawinin gue sama putri titian? jangan!



bicara tentang contek menyontek gue teringet sama quote guru sastra tercinta gue
“kalo emang harus nyontek buat apa ujian?” dan subhanalloh itu “jleb” banget dihati gue.

Tapi satu tambahan dari gue buat bapak-bapak diatas sana
“pak, bu, kalau masalah begini ga beres-beres, Gausah ada Ujian Nasional aja sekalian. potlot 2B juga, penghapus karet, tukar guru pengawas, kertas soal dan segala tetek bengeknya. 

Boros APBN Sir! Ditambah lagi uang ujian kan bisa buat beli buku paket sekolah yang selalu update dengan lebel “hasil revisi” revisi harga kali.. 1 lagi

GUE GAK MAU IKUT REMIDII SETIAP ADA ULANGAN! ITU SUBHANALLOH SEKALI SODARA-SODARAA


10 comments:

  1. Hilangkan saja UPILNYA! HILANGKANNNNNN!!!
    *bakar menyan*

    btw, saya malah merindukan detik-detik pas ujian...
    rasanya gimana gitu.... :')

    ReplyDelete
  2. wedew koq semua nya hobby ngupil ya??ahahaha kelebihan yang gak dimiliki ayam pastinya haha

    ReplyDelete
  3. apa? fotonya hanya satu sayang sekali :D wkwk

    ReplyDelete
  4. Semoga dengan hobi anda ini bisa mewakili Indonesia di olimpiade. :P

    ReplyDelete
  5. @Ilyas Prawibawa
    tapi kenapa? ini kan HAMM (Hak Asasi Mengupil Manusia)

    galau bang.. :(

    @yang penting share
    :) :D

    @Andaka Pramadya
    banyak2 kamu download.. takut gue.. haha

    @Feby Oktarista Andriawan
    karya seni itu bang... :)

    @Fajar
    maksud mu apa???

    silet, mana silet??

    ReplyDelete
  6. nyontek , dicontekin ah masa lalu yang ngenes

    ReplyDelete
  7. UTS, UAS, dan UN itu hanya mitos.
    Mitoooooooossss!!!!

    ReplyDelete
  8. waaa potonya mantabb gan, mancing mania oey :D
    salam kenal :)
    coment and follow blog saya :)
    http://peluru-tajam.blogspot.com/

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...