16 February 2012

Politik dalam persepsi peci terbalik


lama gak posting, tau-tau postingnya make judul aneh gini. maapkan, saya masih terkena efek U'enia'es'empete'enia syndrom (sejenis sindrom yang diidap oleh siswa kelas 12 SMA yang dirundung galaunya milih kampus dan bimbangnya mengira-ngira kelulusan)

sekilas judulnya sok jurnalis, Politik dalam persepsi peci terbalik. apalagi sebenernya maksud judul ini. tenang, ini bukan tulisan serius yang gak pernah gue pakai (karena gue emang gak bisa nulis) jadi gak ada maksud apa-apa. cuma ingin curhat aja. bolehlah ya?

klik read more.. ada komik ngehe' nya

diawali dari kisah horor gue ditanggal 8 januari yang lalu. sore selepas  ashar gue keluar masjid. kaget, liat parkiran kompleks pesantren udah penuh. gila! penuh banget. ada mobil, angkot, motor, sampe jet pribadi segala juga ada (rekayasa-asli) tapi alhamdulillah waktu itu gue gak liat mobil Xenia-nya Apriyani. lagian Apriyani itu siapa sih?

nah, sementara gue berada dalam segala keheranan dan ketakjuban yang sekaligus itu, saat itu ada juga temen gue si-Aswin yang ikut melongo. kita terpaku menatap semua. lalu setelah sepersekian menit kita terpengaruh dalam sihir sijil hilir muternya mobil, motor dan kerepotan satpam. perlahan diapun mulai sadar, dan gue belum sadar juga.  hingga akhirnya nyeletuklah si aswin

win : wah lumayan nih cari duit,

gue : iya nih cepek jg dapet lah... wahh pantesan aja semua satpam pada jaga hari ini, full day lagi. ckckck

win : yaiyalah politik

gue : politik? *agak terkejut* apa kaitannya Politik sama lahan parkiran?

win : OTAK DAN PELUANG DUIT.

seketika juga gue pun terhenyak waktu itu, ya Alloh sebegitunya kah arti politik dikacamata masyarakat. (buset, songong banget gue)

Politik secara literat

ngomongin masalah politik, pasti pada taulah apa itu. dan alhamdulillah gue enggak tau, makanya gue nge-googling. nah inilah singkatan dari yang gue dapet dari googling;

Politik berasal dari bahasa Belanda politiek dan bahasa Inggris politics, yang masing-masing bersumber dari bahasa Yunani τα πολιτικά (politika - yang berhubungan dengan negara) singkatnya, politik: bentuk segala urusan dan tindakan (kebijakan, siasat dan sebagainya) mengenai pemerintahan suatu negara dalam skala lokal maupun global. bener gak tuh? kalo gak bener gak usah dibenerin. aku kan nDeso.

Paradoksial 
lalu apa kaitannya kata "politik" dan segala tetekbengek-nya ini dengan sebuah fenomena satpam pesantren yang rela jaga hampir lebih dari 24 jam (tanggal 8 januari) yang mana saat itu adalah moment arus balik-kandang para santri menuju kandangnya (baca: pesantren) dan tak ayal akan banyak kendaraan yang keluar-masuk-sendawa-kentut-e'*k de-es-be-ge. dan otomatis lahan parkir yang gak biasanya rame ini jadi sedikit menggiurkan bagi bapak2 satpam yang rela berjaga hampir 24 jam tersebut. loh kenapa gue kayak yg sewot? gue kan bukan tukang parkir

sejatinya kata Politik itu kalo ditilik-tilik maknanya kan idealis banget. tapi ya nggak tau kenapa mindset orang kita dengan kata politik ya gitu. ya, mungkin karena ulah oknumnya yang sampai melahirkan stigma aneh orang kita tentang politik itu sendiri
politik; adalah uang, adalah intrik, tipu daya bla bla bla gak tau apalagi.
lalu segala makna yang nyangkut diketek kata "politik" itu secara perlahan namun pasti sudah bergeser dan berbanding lurus 9999 derajat celcius perkubik yang jika dikalkulasikan dengan bunga utang negara lalu dibagikan pada setiap rakyat indonesia hasilnya adalah : KiT4 B3LuM M3Rd3K@.

Kita bakar saja
dan gue sebagai orang berpeci kebalik yang maha nDeso, ya mikirnya gak jauh-jauh amat dari itu. ya jangan salahin siapa-siapa, apalagi gue, yang taunya ngantuk-ngantuk pas ngaji kitab. salahin aja telepisi dan acara beritanya yang sukses bikin orang makin setres.


pada akhirnya saya menyimpulkan, mbok ya gak usah ada pengadilan ajalah biar Nasyarudian dan Anjie itu gak masuk tipi berita. atau gimana kalo kita bakar aja setasiun-setasiun telepisi yang gak mendidik itu. lagian enakan kitab kuning daripada koran. enakan denger pengumuman wesel/kiriman dari rumah dari pada berita. juga enakan nonton Marawis sama Solawatan daripada BOYBAND. eh, Morgan sama Monika itu nama apa sih?


komik strip konyol bin ngehe' bikin di pixton.com.. ngehe' kan? hahaha

10 comments:

  1. whaakkaka, emang ada apa hari itu?
    gak dijelasin sih :P

    politik yak. non comen ane gan :D

    ReplyDelete
  2. "hari itu" yang mana ya bang?

    haha politik emang bikin pusing bang.. heu

    ReplyDelete
  3. Hahaha.. Itu anak pesantrennya ngeles aja.. :D
    Politik? no comment deh gw.. hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama kayak detektip ujang punya abang.. udah update lum?? kangen heu.

      Delete
  4. hahaha ngakak sumpah komiknya, politik jadi lari ke poligami xD

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu namanya "trans language" suatu kondisi dimana penyebutan yg kurang tepat, sehingga menghasilkan bunyi2an yg asing #abaikan

      Delete
  5. santriiii somplaaaak ituuu.... huahahhaha

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...