25 March 2012

Belajar Sholat, lagi?

Belajar sholat (diambil dari tkalkalamsurabaya.files.wordpress.com)

Afdholul’ilmi ‘ilmulhaal wa afdholu al amali hifdzul haal
(seutama-seutama ilmu adalah ilmu haal dan seutama-seutama amal adalah menjaga haal)
Kalau kau manusia pesantren atau setidaknya pernahlah berkaji kitab kecil bernamakan “At ta’lim al mutaallim thoriquttaallum” tentulah engkau tak asing lagi dengan istilah diatas.

Minggu yang lalu, tepat sehari setelah Ujian Sekolah selesai. semua kawan mulai risau dengan nilai-nilainya, saling bersitanya, mereka-reka hasilnya. ah galaulah isi yang mereka percakapkan. ah apapula musti risau, bubur sudah ujud nasi ia berasal tadi. Tawakkal sudah layak memahkota bukan? Farid! Matematik dan bahasa English mu standar ia dibawah, juga mata ajar lainnya. Aku tiada berkaget. Biasa sajalah.. bisikku dengan hidung datar.

Fuhh.. epek kesusastraan sudah usai, ehm boleh gue lanjutin kan?

Dikelas kami yang pengap, sayup-sayup bapak guru mengeluh “tapi saya risau kenapa nilai pelajaran PAI anak-anak begitu buruk? Padahal isinya hanya berkutat pada doa-doa sholat.

*hening*

Ah apa sih gue musti ribet sama yang begini? Oh, ayolah kaum santri itu bukan kaum yang ma’shum (luput dari dosa) memang sesekali kudu legowo dikritik.

dan gue sendiri jujur ngerasa aneh memang, doa-doa solat yang notabene udah jadi syarat wajib bagi seorang muslim, apalagi yang pendidikannya berbasis ilmu agama.kok bisa sampai segitunya, mirislah..

Sedikit curiga, jangan-jangan ini berkaitan erat dengan nilai-nilai yang mulai bergeser dari diri santri. Entah apapun itu, tapi gak etislah rasanya kalo gue musti ngutuk-ngutuk Hollywood, K-pop atau beberapa kelatahan-kelatahan budaya norak yang dianggap G A U L.

Tapi terlepas dari itu semua, ayolah kita coba tutup dulu buku sains, sastra, social dan lain sebagainya. Tentulah sama-sama kita tahu bahwa; sebagai kaum santri yang open minded kita sangat memimpi jadi manusia kitab kuning yang berintegrasi dengan kekayaan intelektual diluaran sana. Tapi tengoklah lagi jauh kedalam diri, sudah kah kita penuhi hak-hak yang sejak awal sudah jadi substansi untuk membangun jiwa-jiwa muslim yang sejati juga anti galau?

kita terlalu bermuluk-muluk mimpi, jadi pemain bola yang hafal quranlah, jadi saintist yang alim ulama lah.. bla bla bla doa sholat aja gak apal.. kan lucu.

tapi yasudahlah Ini bukan sebatas curhat kerana adanya musykilah disekitar saya. pun ini jadi refleksi bagi kita semua, tak usahlah cari siapa yang salah dan sok benar kali ini.. kita hanya musti bertanya pada diri sendiri sudah hapalkah arti iptitah, patehah, tahiyat dan sholawat ? belum? Jika belum mari kita “lebok” lagi kitab kuning kita.

Kau tahu kawan, Ulama berkali – kali nasihatkan bahwasannya yang disebut Ilmu adalah “Maa Yuqorribuka ilalloh" (apa-apa yang mendekatkan jiwa mu pada dzat sang kholiq) 

Secupu-cupu pelajar pasti kenal siapa Albert Einstein tapi berapa orangkah yang sadar tentang perannya dibalik penjatuhan bom atom pertama yang meluluh lantakkan Hiroshima dan Nagasaki. Menurutmu apakah orang yang dekat dengan Dzat sang maha rohim  akan melakukan ini?

Maka kembalilah, kita belajar sholat lagi.. kembali pada ‘ilmu al haal dan hifdzul haal’ lalu apa itu yang disebut ilmu haal dan hifdzul haal? lanjutkan minggu depan!! gue serek tau!!

ps:
posting ini memenuhi janji saya pada postingan Ramadhan yang lalu

pss :
Saya pengin bikin list blogmate yang rada lengkap nih.. barangkali ada yang mau jadi blogmate saya, silahkan masukkan data dibawah ini
Nama lengkap aseli :
Url blog Aseli :
genre blog/deskripsi singkat :
twitter :
taruh aja dikolom koment ini.. oke bos semua semangkaaa

6 comments:

  1. okeh, boleh di coba , ikutt ...

    nama aseli : M Fakhri Azzam
    url blog : http://fakhriii.blogspot.com/
    genre blog : Personal , #apa aja (Random)
    twit : @FRzam

    ReplyDelete
  2. jiaahh...lagi enak2nye dengerin lo pidato malah bersambung >.<

    ada sesuatu yang pengen gue tanyain ke elo nih, tulung folow twiit ye @belo_1402, gue cari twit lo kaga nemu.

    ReplyDelete
  3. Ngikut dach....

    Nama lengkap aseli : cecep adi kustaman
    Url blog Aseli : http://www.UrangKampoeng.com
    genre blog/deskripsi singkat : Curat Coret Asal Coret
    twitter : @Urang_Kampoeng

    ReplyDelete
  4. kunjungan gan.,.
    bagi" motivasi.,.
    Kita di nilai dari apa yang kita selesaikan bukan dari apa yang kita mulai,.
    di tunggu kunjungan balik.na gan.,.,

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...